Kamis, 28 Januari 2010

SKETSA IPMLU YOGYAKARTA

Ikatan Pelajar Mahasiswa Lombok Utara adalah salah satu organisasi kedaerahan yang berada di regional Yogyakarta yang berdiri sejak enam tahun lalu (21 September 2003), yang mana kawan-kawan IPMLU Yogyakarta terdiri dari lima generasi yaitu generasi 2003, 2004, 2005, 2006, 2007, dan generasi 2008. Dari enam generasi tersebut, kerja sama antara satu dengan yang lain dapat berjalan dengan nafas dan gerak bebas meski tertatih-tatih dalam melangkah meski tanpa sekretariat, persaudaraan yang egalitarian menjadi pijakan kita bersama. Hal-hal ini kerapkali ditemukan diantara kawan-kawan tanpa menafikan nilai-nilai etika organisasi, realitas seperti ini sengaja dibangun sebagai upaya untuk mewujudkan egalitarian dikalangan kawan-kawan. 

 

Sebagai kepengurusan ke-6 dari institusi yang bisa dibilang tidak begitu lama dalam dunia perjuangan, barangkali banyak hal yang hanya berbentuk imajinasi dan belum mampu termaterialkan ke bentuk pogram nyata yang terlaksana. Walaupun minimnya wawasan yang dimiliki individu-individu IPMLU disatu sisi, namun dilain sisi, tidak jarang kawan-kawan  menyandangi gelar mobility minority di lingkungan kawan-kawan organisasi sedaerah lainnya. Hal ini layak dipertahankan, dikembangkan, dan dipelihara sebagai modal sosial (social capital) perjuangan.

 

Dari sisi pengetahuan, kawan-kawan Ikatan Pelajar Mahasiswa Lombok Utara Yogyakarta mengalami titik relevansi yang bersinergi dengan pengetahuan yang digeluti di kampus masing-masing. Oleh karena itu, hanya dibutuhkan keseriusan mendasar dan penajaman untuk kemudian bagaimana mengembangkannya dalam biosfer organisasi. Hal ini yang kadang kala tak tersadari acapkali memeras otak untuk membentuk dan sekaligus memaksa kita untuk berfikir yang diharapkan mampu melahirkan rancangan besar (grand designe) perjuangan. Dititik inilah kawan-kawan diharapkan mampu uji nyali agar dapat mengaplikasikannya untuk perkembangan organisasi dan kemajuan daerah di masa-masa mendatang.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar